Praktis Dan Sehat Menyiapkan Menu Sahur

Resep Sup Sosis Tomat, Pilihan Menu Sahur yang Simpel dan Praktis

Sahur merupakan salah satu kegiatan yang tak boleh dilewatkan pada saat sedang berpuasa Ramadan. Bukan hanya menjadi sunnah saja, sahur juga bisa bermanfaat membuat tubuh kita tetap berenergi. Apa lagi kita setelahnya harus berpuasa hingga berjam-jam.  Menyiapkan menu sahur bisa menjadi tantangan untuk beberapa orang. Dari terbatasnya waktu istirahat tidur hingga juga kebiasaan yang susah berubah bisa membuat sahur susah dilakukan.

Tetapi kita harus membuat sahur ini efektif sehingga puasa bisa dijalankan dengan tetap maksimal yang merupakan bagian dari kegiatan beribadah di bulan Ramadan. Berbagai macam menu sahur tidak boleh sembarang juga karena bukan hanya lezat yang penting. Menu sahur juga harus terdapat gizi tepat agar nantinya puasa dan juga aktivitas sehari-hari bisa berjalan lancar. Supaya hal tersebut dapat terjadi, ada beberapa tipsnya berikut ini dalam menyiapkan menu sahur sehat.

Memilih menu masakan awet yang disimpan di kulkas

Ada salah satu trik yang dapat dilakukan atau terapkan yaitu memasak jenis makanan yang awet atau tak mudah basi. Tentunya banyak jenis makanan yang seperti ini. Namun, bukan hanya itu saja yang harus kita pertimbangkan. Lebih baik perhatikan juga seperti apa kandungan gizi dari menu makanan tersebut untuk sahur. Hindari menu sahur yang simple tetapi tidak menyehatkan.

Lakukan persiapan menu sahur dari malam hari

Ada berbagai macam persiapan untuk menu sahur ini yang bisa lebih awal dilakukan. Misalnya saja dengan mencuci, memotong, dan memasak ulang jenis makanan tertentu untuk menu sahur. Hal ini memang bisa sangat memudahkan untuk lebih cepat dan tepat menyiapkan menu sahur saat waktu sahur tiba. Bagi beberapa orang, mungkin persiapan ini tidak dirasa terlalu dibutuhkan. Lebih baik kita sudah menyiapkan minuman atau makanan yang hendak disajikan untuk sebagai menu sahur keluarga lebih awal. Karena sebagai bentuk antisipasi semisal ada hal yang tidak diinginkan. Lakukan preparation tersebut dengan cara memotong, membumbui serta memasak setengah matang. Lalu selanjutnya simpan makanan tersebut di dalam lemari es.

Masak makanan sebelum waktu sahur

Cukup beda dengan yang namanya meal preparation, dengan cara satu ini, maka bisa dipakai terutama jika waktu untuk sahur cukup mepet. Kita bisa memasak semua menu sahur saat malam hari. Lalu kemudian kita bisa memasukkan masakan tersebut ke kulkas dan cukup hanya menghangatkannya saja di microwive. Sehingga saat hendak sahur, semuanya dengan mudah bisa disiapkan. Cara ini praktis dan juga menghemat tenaga dibandingkan menyiapkan menu makan sahur lebih telat. Pada saat waktu sahur, maka kita tinggal menyempurnakannya yaitu dengan memasak kembali atau menghangatkannya. Sehingga menyiapkan ragam menu sahur tidak harus ribet dan bisa berlangsung dengan cepat.

Menyiapkan makanan kering

Kamu bisa menyiapkan berbagai macam makanan kering untuk sebagai lauk ekstra menu sahur seperti misalnya abon, kentang mustofa, tempe kering serta lauk kering lain sebagainya. Lauk ini yang bisa kita simpan dalam rentang waktu lebih lama dan juga tak harus dimasak lagi. Kita juga bisa menyimpan oatmeal atau sereal yang tentu sangat praktis disantap atau ketika sedang bosan dengan jenis menu sahur yang seperti biasanya. Tinggal ditambahkan buah-buahan segar saja yang berserat tinggi, maka sudah bisa menjadi menu sahur simple nan sehat. Itulah beberapa macam trik persiapan untuk membuat menu sahur, semoga bermanfaat.