Ajang Adu Bakat Pemain di MDL Mobile Legends

Esports ID | Esports News Channel

Memang di era digital ini banyak sekali jenis game-game yang bisa dimainkan di smartphone Android maupun iOS, salah satunya adalah Mobile Legends. Game online ini merupakan salah satu game yang populer dan banyak orang yang memainkannya. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Mobile Legends ini merupakan sebuah permainan piranti yang bergerak dengan berjenis MOBA yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton, yang dirancang untuk ponsel. 

Adapun gameplay dari Mobile Legends ini sendiri adalah dua tim lawan yang saling berjuang untuk mencapai dan menghancurkan basis musuh sambil mempertahankan basis mereka sendiri untuk mengendalikan jalan setapak, tiga “jalur” yang dikenal sebagai “top”, “middle” dan “bottom” yang menghubungkan basis-basis. Dan di masing-masing tim, ada lima pemain yang masing-masing mengendalikan avatar yang dikenal sebagai “hero”. Dengan begitu, dari perangkat mereka sendiri banyak karakter akan terkontrol dengan komputer yang lebih lemah, yang disebut “minios”. Yang bertelur di basis tim dan mengikuti tiga jalur ke basis tim lawan, dengan melawan musuh dan menara.

MDL Turnamen Resmi Moonton

Mobile Legends Nimo MDL Draft 2020: 17 Player Menuju Tim Baru

Untuk mengembangkan game Mobile Legends dan pro Player baru, Moonton sebagai pihak developer mengadakan MDL. 

MDL adalah turnamen resmi yang diadakan oleh Moonton. Berbeda dari MPL yang merupakan esports profesional tertinggi, sementara MDL merupakan turnamen tingkat 2 atau dibawah MPL. Selain itu, MDL juga menjadi salah satu turnamen yang dijadikan ajang untuk mengembangkan bakat para pro player baru, artinya regenerasi pemain bisa bejalan dengan baik.

Meskipun tidak sebesar MPL, tetapi MDL Mobile Legends ini juga tidak kalah seri dan menarik untuk diikuti karena akan menyuguhkan tim-tim esport baru yang mampu bersaing dengan tim-tim besar. 

Dengan adanya kompetisi ini, game Mobile Legends akan terus berkembang dan pro player profesional akan terus bermunculan karena sukses meningkatkan minat pemain untuk bermain menjadi seorang profesional gamer. 

Selain itu, MDL ini juga menjadi ajang pembuktian untuk roaster muda supaya nantinya mampu berlaga di kompetisi yang lebih besar lagi, baik skala nasional nakan internasional, seperti Mobile Legends World Championship. 

Walaupun merupakan liga kasta dua, turnamen MDL ini tetap menjungjung sikap profesionalitas yang tinggi. Jadi, kompetisi yang satu ini bisa menjadi kesempatan emas untuk para roaster serta tim esports baru. Selain itu, sistem kuaifikasi tim liga ini juga cukup kompetitif. 

Berbeda dengan MPL yang sudah berlangsung selama tujuh musim, MDL ini sendiri sudah berjalan tiga musim. Karena adanya pandemi Covid-19, untuk tahun 2021 liga kedua ini akan menggunakan sistem turnamen online. 

Komisioner MPL Indonesia, Lucas Mao, mengakui bahwa MDL ini menjadi peluang untuk para pemain menjadi pro player. Sesuai dengan visinya, Moonton mengembangkan turnamen yang sangat lengkap, yakni mulai dari turnamen amatir hingga liga profesional. 

Ini Pandangan dan Harapan Pemain Debutan MDL Season 2 - Mobileague Indonesia

Mobile Legends Development League (MDL) Season 1

Perlu diketahui bahwa Victim Esports menjadi tim pertama yang menjuarai pada liga ini. Yang mana, Babak Playoff dari MDL Season 1 diselenggarakan pada 18-19 April 2020. Kompetisi ini diikuti oleh 12 tim, yakni 8 tim adalah tim akademi dari organisasi esport MPL Indonesia Season 5. Kemudian 4 tim sisanya adalah tim kualifikasi. 

Dalam kompetisi tersebut, Victim Esport dan Recca Esport masuk babak final MDL. Pertandingan berjalan cukup seru dan saling mengalahkan. Namun, di babak penentuan Recca Esport akhirnya kalah dari Victim Esport.